Minggu, 15 November 2015

Suatu Ketika

Karanganku suatu ketika. Sambil menunggu alarm berbunyi, aku mencoba mengetikkan sesuatu di atas Microsoft word ku. Dengan bersandar pada lemari pakaian aku membuka sebuah tulisan dengan kalimat pembuka yang klasik. Aku hanya menuliskannya dengan iringan musik entah lagu apa yang disetel oleh teman sekamarku membuat ku untuk tidak bisa menghentikan gerakan lincah tanganku yang kini menekan tuts keyboard pada laptop. Musiknya membangkitkan tulisanku, sepertinya tulisan yang ku tulis ini beterbangan. Aku terbawa hanyut pula oleh alunan musiknya. Terapi yang sungguh hebat. Menenangkan jiwaku. Tapi aku tetap terjaga. Alunan musik itu terus mengalun hingga semua kalimat yang kutulis pergi begitu saja meninggalkanku.

Dalam jiwa seorang sosiolog
yang tidak pernah aku bayangkan, seperti musik yang terus saja mengalun menebarkan teori antah berantah. Denyut nadinya menggetarkan teori itu. Aliran darahnya bahkan pikirannya mungkin tak henti-hentinya menyoroti apapun dari sudut sosiologisnya. Tapi aku tak pernah tahu apa yang ada dalam hatinya. Hati seorang fungsional ataukah konflik, kestabilan ataukah kerancuan, aku tak pernah mengerti. Mungkin lebih daripada itu. Bukankah kata Aristo, hati mempunyai logika tersendiri? Kurasa berlaku juga bagi sosiolog. Karena mereka hanya manusia biasa yang mencoba untuk menganalisis dengan kemampuan yang ia miliki. Sederhana atau hiperbola. Mereka tahu masanya. Mereka tahu saatnya tiba. Perubahan atau semacamnya. Di penghujung tulisanku yang pertama, tapi diposting belakangan, perlu kukatakan bahwa aku hanya mengarang, tidak lebih. Sekadar menuruti naluriku yang kini mempunyai sesuatu yang ingin ditumpahkan lalu jemariku menumpahkannya dalam tulisan ini..


Sementara musik ini terus mengalun. Sengaja diputar temanku berkali-kali agar dirinya tertidur. Tapi bagiku,…………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hati

Assalamualaikum sahabat semua.. long time no see.. how are you today.. Sudah lama aku tak nge-post tulisan apapun, tapi kini aku ingin men...